Analisis Iklan Good Day dan Energen


Analisis Iklan Good Day dan Energen
Good Day
            Pada iklan ini diperankan oleh para remaja yang sebagian besar sangat suka mengkonsumsi kopi dengan berbagai varian rasa. Good day adalah salah satu kopi instan yang siap seduh dan memiliki berbagai varian rasa yang berbeda dari kopi laninnya. Manisnya dari kopi Good Day membuat hidup menjadi lebih berwarna, oleh karena itu dalam promosinya kopi good day memiliki slogan “karena hidup perlu banyak rasa”. Kopi ini dapat dinikmati dalam keadaan dingin maupun hangat. Dengan meminum kopi ini maka akan membuat konsumen ketagihan untuk mencoba rasa yang lain dari kopi ini. Kopi ini memiliki kejutan disetiap cangkirnya yang akan membuat konsumen tidak akan bosan untuk menikmatinya. Kopi ini sangat cocok atau lebih ditujukan untuk anak muda pada saat ini, dengan menggunakan kalimat “karena gaul perlu banyak rasa” dan penggambaran iklan menggunakan konsep yang asik dengan gaulnya anak muda kekinian sehingga dapat menarik orang terutama kalangan muda untuk membeli kopi tersebut. Kopi ini cocok untuk diminum dimanapun misalnya pada saat nongkrong dengan teman-teman.
            Analisis berdasarkan pengambilan keputusan:
a.    Mengenali kebutuhan
Konsumen akan tertarik untuk membeli kopi ini karena kopi ini dijual dengan kemasan sachet dan botol, memilki kemasan yang menarik, serta memilki berbagai varian rasa yang disukai oleh konsumen.
b.    Mencari informasi
Konsumen akan mencari informasi mengenai produk tersebut baik dari harga, rasa, dan kelebihan dari merk kopi instan lain.
c.     Mengevaluasi alternative
Setelah mendapatkan informasi dari produk tersebut, maka konsumen akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah sesuai dengan keinginan sebelum membeli produk tersebut.
d.    Mengambil keputusan
Setelah mempertimbangkan maka konsumen akan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak membelinya
e.    Evaluasi pasca pembelian
Setelah membeli produk tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli lagi kopi good day dengan mencoba varian rasa lainnya agar konsumen tidak merasa bosan dengan satu rasa saja

Energen
            Iklan ini diperankan oleh satu keluarga yang sedang berkumpul diruang makan untuk sarapan bersama. Salah satu anak tersebut bertanya kepada ibunya mengapa perlu energen tiap hari. Energen lebih dari susu, karena didalam energen mengandung susu, sereal, telur, dan sigmavit. Sehingga energen ini merupakan minuman yang bernutrisi dan teksturnya yang padat akan membuat kenyang dan mampu memberikan tenaga pada tubuh setelah meminumnya. Produk ini ditujukan untuk semua kalangan karena produk ini sangat praktis sebagai pengganjal perut atau sarapan dipagi hari sebelum melakukan aktivitas. Produk ini memiliki slogan “minum makanan bergizi” yang artinya didalam satu bungkus energen memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Cara penyajiannya juga sangat mudah sehingga tidak kerepotan saat menyajikannya dipagi hari. Produk ini juga memiliki banyak varian rasa sehingga membuat konsumen tidak bosan untuk mengkonsumsinya.
Analisis berdasarkan pengambilan keputusan:
a.    Mengenali kebutuhan
Konsumen akan tertarik untuk membeli energen ini karena dijual dengan kemasan sachet dan harga yang terjangkau, memilki kemasan yang menarik, serta memilki berbagai varian rasa yang disukai oleh konsumen.
b.    Mencari informasi
Konsumen akan mencari informasi mengenai produk tersebut baik dari harga, rasa, dan penilaian terhadap produk ini.
c.     Mengevaluasi alternative
Setelah mendapatkan informasi dari produk tersebut, maka konsumen akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah sesuai dengan keinginan sebelum membeli produk tersebut.
d.    Mengambil keputusan
Setelah mempertimbangkan maka konsumen akan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak membelinya
e.    Evaluasi pasca pembelian
Setelah membeli produk tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli lagi energen dengan mencoba varian rasa lainnya agar konsumen tidak merasa bosan dengan satu rasa saja



Komentar