Analisis Iklan Good Day dan Energen
Good Day
Pada iklan ini diperankan oleh para
remaja yang sebagian besar sangat suka mengkonsumsi kopi dengan berbagai varian
rasa. Good day adalah salah satu kopi instan yang siap seduh dan memiliki
berbagai varian rasa yang berbeda dari kopi laninnya. Manisnya dari kopi Good Day membuat hidup menjadi lebih berwarna,
oleh karena itu dalam promosinya kopi good day memiliki slogan “karena hidup
perlu banyak rasa”. Kopi ini dapat dinikmati dalam keadaan dingin maupun
hangat. Dengan meminum kopi ini maka akan membuat konsumen ketagihan untuk
mencoba rasa yang lain dari kopi ini. Kopi ini memiliki kejutan disetiap
cangkirnya yang akan membuat konsumen tidak akan bosan untuk menikmatinya. Kopi
ini sangat cocok atau lebih ditujukan untuk anak muda pada saat ini, dengan
menggunakan kalimat “karena gaul perlu banyak rasa” dan penggambaran iklan menggunakan
konsep yang asik dengan gaulnya anak muda kekinian sehingga dapat menarik orang
terutama kalangan muda untuk membeli kopi tersebut. Kopi ini cocok untuk
diminum dimanapun misalnya pada saat nongkrong dengan teman-teman.
Analisis
berdasarkan pengambilan keputusan:
a.
Mengenali
kebutuhan
Konsumen akan tertarik untuk membeli
kopi ini karena kopi ini dijual dengan kemasan sachet dan botol, memilki
kemasan yang menarik, serta memilki berbagai varian rasa yang disukai oleh
konsumen.
b.
Mencari
informasi
Konsumen akan mencari informasi mengenai
produk tersebut baik dari harga, rasa, dan kelebihan dari merk kopi instan
lain.
c.
Mengevaluasi
alternative
Setelah mendapatkan informasi dari
produk tersebut, maka konsumen akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah
sesuai dengan keinginan sebelum membeli produk tersebut.
d.
Mengambil
keputusan
Setelah mempertimbangkan maka konsumen
akan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak membelinya
e.
Evaluasi
pasca pembelian
Setelah membeli produk tersebut maka
konsumen akan tertarik untuk membeli lagi kopi good day dengan mencoba varian
rasa lainnya agar konsumen tidak merasa bosan dengan satu rasa saja
Energen
Iklan ini diperankan oleh satu keluarga yang sedang
berkumpul diruang makan untuk sarapan bersama. Salah satu anak tersebut
bertanya kepada ibunya mengapa perlu energen tiap hari. Energen lebih dari
susu, karena didalam energen mengandung susu, sereal, telur, dan sigmavit. Sehingga
energen ini merupakan minuman yang bernutrisi dan teksturnya yang padat akan
membuat kenyang dan mampu memberikan tenaga pada tubuh setelah meminumnya. Produk
ini ditujukan untuk semua kalangan karena produk ini sangat praktis sebagai
pengganjal perut atau sarapan dipagi hari sebelum melakukan aktivitas. Produk ini
memiliki slogan “minum makanan bergizi” yang artinya didalam satu bungkus
energen memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Cara penyajiannya
juga sangat mudah sehingga tidak kerepotan saat menyajikannya dipagi hari. Produk
ini juga memiliki banyak varian rasa sehingga membuat konsumen tidak bosan
untuk mengkonsumsinya.
Analisis berdasarkan pengambilan
keputusan:
a.
Mengenali
kebutuhan
Konsumen akan tertarik untuk membeli energen
ini karena dijual dengan kemasan sachet dan harga yang terjangkau, memilki
kemasan yang menarik, serta memilki berbagai varian rasa yang disukai oleh
konsumen.
b.
Mencari
informasi
Konsumen akan mencari informasi mengenai
produk tersebut baik dari harga, rasa, dan penilaian terhadap produk ini.
c.
Mengevaluasi
alternative
Setelah mendapatkan informasi dari
produk tersebut, maka konsumen akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah
sesuai dengan keinginan sebelum membeli produk tersebut.
d.
Mengambil
keputusan
Setelah mempertimbangkan maka konsumen
akan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak membelinya
e.
Evaluasi
pasca pembelian
Setelah membeli produk tersebut maka
konsumen akan tertarik untuk membeli lagi energen dengan mencoba varian rasa
lainnya agar konsumen tidak merasa bosan dengan satu rasa saja
Komentar
Posting Komentar